Lompat ke konten

Ukuran Bata Mrh Tahun 2022

  • oleh
ukuran bata mrh

Ukuran Bata Mrh . Tahukah anda, standard ukuran batu bata merah press dan expose sama sesuai SNI di Indonesia? Aktor usaha jual-beli material untuk bangunan, mengenali ukuran dimensi batu bata merah dalam kelompok ukuran kecil, standard (biasa/sedang) dan jumbo/besar. Ketidaksamaan dimensi ukuran bata merah itu bisa mengakibatkan ketidaksamaan nilai jual bata merah di pasar dan jumlah batu bata per mtr. persegi yang diperlukan pada sebuah project property atau konstruksi dinding rumah sendiri.

tebal bata merah, ukuran bata merah press, ukuran bata merah besar, lebar bata merah, ukuran bata merah per m2, ukuran bata ringan, ukuran bata merah bolong, harga bata merah

Ukuran Bata Mrh

Ukuran Bata Mrh menurut standard nasional Indonesia (SNI 15-2094-2000) ialah terdiri ke 6 modul. Menurut SNI, size atau ukuran batu bata yang standard ialah 22 cm X 11 cm X 5 cm. Tetapi, bukti di pasar memperlihatkan jika ukuran bata merah sering tidak sesuai dengan standard SNI itu.

Nach, yang menjadi pertanyaan ialah Ukuran Bata Mrh yang terbaik untuk konstruksi bangunan itu ukuran kecil, biasa/standard, atau ukuran jumbo (besar)? Buat anda yang cari info mengenai ukuran standard batu bata merah, karena itu artikel ini benar-benar cocok buat anda.

ukuran bata mrh

Standard Ukuran Batu Bata Merah Sama sesuai SNI Ukuran Panjang, Lebar dan Tebal Bata Merah dalam milimeter

Modul Panjang (mm) Lebar (mm) Tinggi (mm)
M – 5a 190 ± 4 90 ± 3 65 ± 2
M – 5b 190 ± 4 100 ± 3 65 ± 2
M – 6a 230 ± 5 110 ± 4 52 ± 3
M – 6b 230 ± 5 110 ± 6 55 ± 3
M – 6c 230 ± 5 110 ± 6 70 ± 3
M – 6d 230 110 ± 6 80 ± 3

Bila ukuran bata dalam mm (milimeter) diganti jadi cm (centimeter), maka seperti tabel Ukuran Bata Mrh dalam cm ini. Disaksikan dari tabel ukuran batu bata standard dan toleransinya dijumpai jika bata merah kecil memiliki ukuran panjang 19 cm (toleran 0,4 cm), lebar 9 cm (toleran 0,3 cm) dan tinggi atau tebal 6,5 cm (toleran 0,2 cm), dan bata merah ukuran jumbo/besar mempunyai panjang 23 cm, lebar 13 cm (toleran 0,6 cm) dan tinggi 8 cm (toleran 0,3 cm).

Ukuran Panjang, Lebar dan Tebal Bata Merah dalam cm.

Modul uUkuran Bata Mrh Panjang (cm) Lebar (cm) Tinggi (cm)
Ukuran bata merah M – 5a 19 ±0. 4 9 ± 0.3 6.5 ± 0.2
Ukuran bata merah M – 5b 20 ±0. 4 10 ± 0.3 6.5 ± 0.3
Ukuran bata merah M – 6a 23 ±0. 5 11 ± 0.4 5.2 ± 0.3
Ukuran bata merah M – 6b 24 ±0. 5 11 ± 0.6 5.5 ± 0.3
Ukuran bata merah M – 6c 25 ±0. 5 12 ± 0.6 7 ± 0.3
Ukuran bata merah M – 6d 23 13 ± 0.6 8 ± 0.3

Dalam document SNI 6897:2008 mengenai Tata Langkah Penghitungan Harga Unit Tugas Dinding untuk Konstruksi Bangunan Gedung dan Perumahan disebut jika ukuran standard bata merah ialah 22 cm X 11 cm X 5 cm. Berikut tipe bata yang wajar disebutkan sama ukuran bata merah biasa.

Dengan begitu, bata merah yang sama sesuai standard SNI 15-2094-2000 mempunyai bentang dimensi:

  • panjang batu bata merah = 19 cm – 25 cm
  • lebar batu bata merah = 9 cm – 13 cm
  • tinggi atau tebal batu bata merah = 5 cm – 8 cm

Dengan ketahui ukuran bata merah SNI, karena itu anda bisa pilih bata merah yang pas dan terbaik untuk konstruksi rumah atau bangunan anda.

Standard Ukuran Batu Bata Merah di Perajin/Pabrik

Gambar contoh ukuran bata merah Tetapi pada praktiknya di atas lapangan, tiap perajin memiliki cetakan sendiri yang tidak standard. Khususnya, batu bata yang dibikin dengan manual bukan mesin press. Seringkali, diketemukan ukuran bata press yang lain antara perajin. Mengakibatkan ialah ukuran bata merah yang dibuat tidak sesuai dengan SNI.

Bila kamu ketahui ukuran bata merah, karena itu kamu dapat hitung jumlah bata yang dibutuhkan untuk membikin dinding per mtr. perseginya. Seperti siaran video di bawah ini.

Bata merah ukuran kecil dan jumbo di sejumlah tempat di Jawa Timur. Rinciannya ialah seperti berikut

  • Bata merah wilayah Ngawi mempunyai ukuran dekati modul M-5
  • Bata merah wilayah Dau (Malang) mempunyai ukuran dekati modul M-6
  • Bata merah wilayah Mojokerto memiliki ukuran mendakati modul M-5B tetapi tinggi atau tebalnya tidak sesuai dengan SNI
  • Bata merah wilayah Welahan (Semarang) memiliki ukuran dekati M-5 Ukuran Pasang Bata Merah untuk Kolom Dinding

Ukuran bata standard untuk dinding rumah dengan mempertimbangkan spesi (1 cm) ialah panjangnya sama dengan 2x lebar ditambahkan 1 cm, atau rumusnya (P = 2L + 1 cm).

Ukuran Bata Merah Garut

  • panjang 21 cm
  • lebar 10 cm
  • tebal 5.5 cm

Ukuran batu bata expose

Bata expose mempunyai ukuran yang sama dengan bata press, yaitu panjang bata 21 cm, lebar bata 10 cm dan tebal bata 5,5 cm. Kelebihan bata expose ialah permukaan lebih lembut serta lebih akurat hingga terhitung ke kualitas premium.

Maka ukuran bata merah per m2 (ukuran bata merah 1 mtr. persegi) bikinan Alam Jaya berisi sekitaran 58-60 bata. Maka dari itu pasangan bata merah (ukuran standard) selebar 1 m2 secara umum membutuhkan bata merah sekitar 60 bata

Dinamika Perubahan Ukuran Batu Bata Merah dari Periode ke Periode

Ukuran dimensi bata mrh (panjang x lebar x tebal) di Indonesia alami perubahan dari periode bungkusa. Pada umumnya, ukuran makin menjadi kecil. Salah satunya argumen kuat yang menyebabkan peristiwa itu ialah harga. Tujuannya ialah, pebisnis bata merah ingin tingkatkan margin keuntungan dengan sumber daya yang terbatas. Kompetisi antara produsen dan vendor bata merah menggerakkan berlangsungnya harga bata merah masih tetap (“condong naik) sama ukuran yang makin kecil.

Ukuran batubata tahun 1980-an

pada dasawarsa 80-an, batubata yang wajar tersebar di Jawa memiliki ukuran panjang 20 cm x lebar 10 cm x tinggi/tebal 5 cm bahkan juga lebih. Kompetisi antara pembikin/perajin bata merah belum juga ketat dan keuntungan cukup janjikan di saat itu.

Ukuran bata merah tahun 2000-an

Sekarang ini, dimensi batu bata merah yang wajar tersebar di Jakarta ialah panjang ialah 17-18 cm, lebar 7-7,5 dan tebal 4-4,2 cm.

Pengurangan ukuran dimensi bata merah ini ialah satu hal yang umum dilaksanakan produsen di beberapa bidang, terhitung batu bata. Maksudnya untuk tekan ongkos produksi hingga nilai jual bata merah masih tetap dapat dijangkau. Banyak customer tidak mengetahui jika volume bata merah merosot nyaris 50%, yang nalar semestinya harga juga turun setengahnya.

Ukuran Batu Bata Standard Pabrik Rasio Industri Rumah Tangga

Sekarang ini, ukuran bata mengekspos (expose) dan bata press biasa yang tersebar dipasaran memiliki dimensi bervariatif. Bermacamnya dimensi bata merah ini bisa ditemui di sejumlah pabrik (industri) perajin bata merah, rasio lokal atau home industry (usaha rasio rumah tangga atau rumahan).

Untuk bangunan property perumahan masyarakat, ukuran standard batu bata merah yang umum dibuat pabrik bata merah ialah adalah :

  • Panjang 24 cm, Lebar 11,5 cm dan Tebal 5,2 cm
  • Panjang 23 cm, Lebar 11 cm dan Tebal 5 cm
    Penyelewengan yang diizinkan untuk ukuran itu ialah : Panjang maksimal 3%, Lebar maksimal 4 % dan Tebal maksimal 5%. Referensi Vendor Bata Merah Ukuran Terbukti SNI

Jika anda mencari dan ingin membeli bata merah ukuran standard terbukti SNI, karena itu anda ada di tempat yang akurat. Kami, Bata merah kualitas terbaik (tipe mengekspos/expose) dan bata merah untuk plesteran dinding.

Butuh bantuan?
Advantages of overseas domestic helper.