Lompat ke konten

Paving Block Berpori Solusi atasi banjir

  • oleh

Paving Block Berpori Solusi atasi banjir. Saat musim penghujan datang, pelataran rumah berpaving atau berbeton tentu tergenangi air, apa lagi bila tidak ada tempat peresapan air di sekitar. Nach, untuk kurangi hal tersebut, telah ada pengembangan paving block, yakni geopore.

paving block berpori solusi atasi banjir

Di musim penghujan, banjir sering jadi permasalahan, terutamanya di wilayah perkotaan. Pengembangan satu ini belum berkembang cepat, tapi sebagai pencegah kubangan air di musim penghujan, tidak ada kelirunya untuk mengimplementasikannya di halaman atau teras rumah.

harga paving berpori

Berpori Indah Halaman Rumah

Sejauh ini, paving block berperan untuk mempercantik susunan permukaan saja, tidak sebagai susunan. Paving block berguna untuk lapisan pada wilayah orang berjalan kaki dan taman (landscaping).

Saat ini pemakaian Paving Block Berpori Solusi atasi banjir telah menyebar nyaris di semua kota di Indonesia, seperti tempat parkir, hotel, tempat wisata, terminal, jalan lingkungan, sampai kompleks-kompleks perumahan. Paving Block memang membuat penampilan rumah dan tata kota jadi elok, tetapi bila tergenangi saat hujan?, karena itu harus mencari jalan keluarnya.

harga paving block berpori

Paving Block Geopore

Pengembangan goepore atau geopolimer  bahkan juga telah menunjukkan dengan menyemprot air berliter-liter ke tempat parkir yang telah memakai geopolimer. Hasilnya?, air langsung meresap dalam perhitungan detik.

Geopore sebagai akronim dari geopolimer porous atau jalan berpori. Lihat dari namanya, sudah pasti ketidaksamaan dengan paving block biasa berada pada pori-porinya.

Pori-pori geopore memungkinkannya air untuk meresap dalam tanah. Hingga air yang lewati makin berkurang dan dapat meminimalkan banjir atau kubangan. Lainnya dapat mem penyerap air, geopolimer klaim lebih bertahan lama bandingkan beton biasa, yakni capai 40 tahun. 

harga pore block
Paving Block Berpori Solusi atasi banjir 8

Material Geopore 

Berlainan dengan dengan produksi paving block biasa, pembikinan paving block dapat cepat, terhitung saat proses pembikinan jalan. Bila jalan cor beton memerlukan waktu beberapa hari supaya bisa lalui kendaraan, jalan berpori cuman perlu beberapa saat, karena materialnya cepat kering.

Bahan khusus geopolimer adalah abu terbang (fly ash) yang masuk kelompok sampah B3 alias beresiko (sampah pembakaran batu bara dan industri baja). Dalam pembikinannya, abu terbang berperan sebagai material perekat yang menyelimutinya kerikil-kerikil.

Maka air dan pasir yang umum digabung dengan semen pada pembikinan paving block komersil, tukar dengan aktivator dan batu kerikil memiliki ukuran kecil yang bakal membuat pori-pori pada geopore.

jual paving block berpori
Paving Block Berpori Solusi atasi banjir 9

Beberapa keunggulan itu makin memberikan keyakinan jika pemakaian paving block berpori ini dapat kurangi kekuatan banjir dan tentu saja menahan kubangan air di sekitar rumah.

Nach, menyaksikan faedah dan produksi yang tidak asal-asalan, tentu saja nilai jual paving block berpori ini tambah mahal dibanding paving block komersial secara umum. Paving Block Berpori Solusi atasi banjir

Tetapi, dari segi proses produksi, harga semen yang mahal menjadi faktor mahalnya harga produksi. Sedang geopori cuman kombinasi batu kerikil dan pasir, lalu ditambahkan debu tersisa pembakaran batu bara. Selanjutnya proses perkerasan pun tidak bisa memakai panas. Sehingga berdasar teori bahan dan proses produksi, lebih gampang dibandingkan paving block

paving block menyerap air

Sisi dari Jalan keluar Banjir 

Paving Block bukan hanya dapat digunakan untuk desain interior dan exterior rumah saja, tapi dapat digunakan untuk diterapkan di kota sebagai jalan keluar menangani banjir, di tengah-tengah jeleknya drainase terutamanya di perkotaan.

pore block paving harga
Paving Block Berpori Solusi atasi banjir 10

Walau awalnya telah dites jika hasil paving block geopori telah aman dari toksin, produksi secara industri masih tertahan UU (Pemakaian Sampah B3), hingga pemakaiannya tidak dapat dilaksanakan secara bebas.

Dan mudah-mudahan pengembangan yang efisien dan efektif ini dapat berguna untuk warga ya!

Sumber : https://www.rumahkuunik.com/2020/01/paving-block-berpori.html

https://pavingblockharga.com/

https://pavingblockharga.com/2021/08/04/paving-block-berpori-solusi-atasi-banjir/

WA.ME
Telpon
Wa Saya
WA.ME
Telpon
Wa Saya