Lompat ke konten

Cara Merawat Paving Block Agar Selalu Awet dan Tahan Lama

  • oleh

Cara Merawat Paving Block Agar Selalu AwetPaving block adalah salah satu material yang sering digunakan untuk membuat jalan, trotoar, dan area parkir. Selain tahan lama, paving block juga memberikan tampilan estetis yang indah pada area sekitarnya. Namun, agar paving block tetap awet dan tahan lama membutuhkan perawatan yang tepat. Berikut adalah panduan lengkap untuk merawat paving block agar selalu awet dan tahan lama.

cara merawat paving block agar selalu awet
Cara Merawat Paving Block Agar Selalu Awet

Panduan Lengkap Cara Merawat Paving Block Agar Selalu Awet dan Tahan Lama

  • Bersihkan Secara Berkala Bersihkan paving block secara berkala dengan menggunakan sabun dan air. Hindari pemakaian deterjen karena dapat merusak lapisan pelindung pada paving block. Gunakan sikat atau penyiram air untuk membersihkannya dengan lembut. Lakukan pembersihan setidaknya dua kali dalam setahun atau lebih jika lingkungan sekitar kasar.
  • Hindari Penggunaan Bahan Kimia Hindari penggunaan bahan kimia seperti asam atau cairan pemutih lain pada permukaan paving block. Jika ada noda yang susah dihilangkan, cobalah mencuci dengan air dan sabun atau menggunakan produk pembersih khusus untuk paving block.
  • Lakukan Perbaikan Ketika Dibutuhkan Segera perbaiki paving block yang retak atau rusak. Dengan memperbaiki kerusakan secepat mungkin akan menghindari kerusakan yang lebih parah dan karenanya penggantian seluruh bagian. Untuk area yang lebih besar, disarankan agar pemeliharaan dan perbaikannya dilakukan oleh profesional.
  • Tambahkan Lapisan Pelindung Tambahkan lapisan pelindung pada paving block yang digunakan pada area parkir atau jalan yang sering dilalui kendaraan. Dengan memberikan lapisan pelindung, maka paving block akan bisa tahan lama dan awet.
  • Jangan Gunakan Garam Hindari menggunakan garam pada permukaan paving block saat musim dingin untuk melawan bercak es. Menggunakan garam akan merusak bahan dan dapat mempercepat kerusakan paving block.

Dalam merawat paving block selalu perhatikan kondisi lingkungan sekitar. Jika lingkungan sekitar kasar dan sering terkena air, maka perawatan harus lebih rutin dilakukan. Dengan perawatan yang tepat, maka paving block akan tetap terlihat indah dan tahan lama dalam jangka waktu yang lama.

Berapa lama umur pakai paving block dengan perawatan yang tepat?

panduan lengkap cara merawat paving block agar selalu awet dan tahan lama


Umur pakai paving block sangat bergantung pada perawatan yang dilakukan. Dengan perawatan yang tepat, paving block dapat bertahan hingga 20-25 tahun atau lebih. Namun, jika perawatan hanya dilakukan sesekali atau tidak sering, maka umur pakai paving block akan lebih pendek dan rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan yang tepat secara teratur agar paving block dapat tetap awet dan tahan lama.

Apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga agar paving block tetap awet?

panduan lengkap cara merawat paving block agar selalu awet dan tahan lama
Cara Merawat Paving Block Agar Selalu Awet dan Tahan Lama 4


Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga agar paving block tetap awet, di antaranya:

  • Membersihkan paving block secara rutin dan berkala untuk menjaga debu dan kotoran agar tidak menumpuk pada permukaannya.
  • Hindari penggunaan bahan kimia yang dapat merusak lapisan pelindung pada paving block.
  • Lakukan perbaikan secara cepat ketika terdapat kerusakan pada paving block agar tidak semakin parah dan merusak area sekitarnya.
  • Tambahkan lapisan pelindung pada paving block yang terkena beban berat, seperti pada area parkir.
  • Hindari menggunakan garam pada permukaan paving block saat musim dingin untuk melawan bercak es, karena garam dapat merusak bahan dan mempercepat kerusakan paving block.

Dengan melakukan perawatan dengan baik, maka paving block dapat bertahan lama dan tidak menimbulkan kerusakan yang serius pada area sekitarnya.

Butuh bantuan?
Therefore, there is a need to adapt and implement early mobilization programs in quebec hospitals.