Lompat ke konten

Pengertian SNI paving block

  • oleh

Pengertian SNI paving block – Standard Nasional Indonesia (SNI) paving block adalah suatu spesifikasi teknis yang mengatur kriteria mutu, ukuran, bentuk, dan metode pengujian paving block yang digunakan untuk konstruksi jalan, trotoar, taman, dan area parkir. Paving block adalah bahan bangunan berbentuk balok yang terbuat dari campuran semen, pasir, kerikil, air, dan bahan tambahan lainnya yang dicetak dengan mesin press atau cetakan manual. Paving block memiliki keunggulan seperti tahan lama, mudah dipasang dan dilepas, dapat disesuaikan dengan pola dan warna yang diinginkan, serta ramah lingkungan karena dapat menyerap air hujan. SNI paving block bertujuan untuk menjamin kualitas dan keseragaman paving block yang diproduksi dan dipasang di Indonesia, serta untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat paving block yang rusak atau tidak sesuai standar.

pengertian sni paving block

Cara mendapatkan sertifikat sni

Untuk mendapatkan sertifikat SNI, Anda perlu mengikuti beberapa prosedur yang telah ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Berikut adalah prosedur yang harus Anda lakukan⁷⁸:

  1. Mengisi formulir permohonan SPPT SNI
  2. Verifikasi permohonan
  3. Audit sistem manajemen mutu produsen
  4. Menguji sampel produk
  5. Penetapan keputusan SNI
  6. Memberikan SPPT-SNI

cara mengajukan permohonan sertifikasi produk Paving Block

Untuk mengajukan permohonan sertifikasi produk, Anda perlu mengisi formulir permohonan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) SNI dan melampirkan beberapa dokumen seperti fotokopi sertifikasi sistem manajemen mutu SNI 19-9001-2001 (ISO 9001:2000) yang dilegalisir. Selanjutnya, permohonan akan diverifikasi dan dilakukan audit sistem manajemen mutu produsen. Setelah itu, sampel produk akan diuji dan dilakukan penetapan keputusan SNI. Jika produk Anda memenuhi persyaratan, maka Anda akan diberikan SPPT-SNI.

Cara mengetahui apakah suatu produk sudah bersertifikat SNI

Untuk mengetahui apakah suatu produk sudah bersertifikat SNI atau tidak, Anda dapat melihat bagian rating label dari produk. Berlaku untuk semua jenis produk seperti kendaraan bermotor dan barang. Selain itu, Anda juga dapat mengidentifikasi suatu barang produksi sudah bersertifikat SNI dengan adanya label “SNI”

 Manfaat sni bagi produk Paving block / Pengertian SNI paving block

Sertifikasi SNI memiliki banyak manfaat bagi produk dan perusahaan¹. Beberapa manfaatnya adalah:

  1. Meningkatkan citra perusahaan
  2. Mampu meningkatkan daya saing produk
  3. Bisa mengikuti tender pengadaan barang dan jasa
  4. Menjamin standar keamanan dan kesehatan produk
  5. Berguna bagi keperluan pengembangan ekonomi nasional
  6. Peningkatan keamanan bagi negara
  7. Menciptakan persaingan usaha yang lebih sehat

Butuh bantuan?