Cara Pasang paving block yang baik dan benar

Cara Pasang Paving Block

cara pasang paving block yang baik dan benar sebagai berikut:

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, seperti paving block, pasir, semen, dan air.
  2. Ratakan tanah di area yang akan dipasangi paving block.
  3. Tambahkan lapisan pasir setebal 10-15 cm dan ratakan dengan telapak kaki atau alat pemadat agar pasir padat dan rata.
  4. Pasang paving block secara berurutan sesuai dengan pola yang diinginkan. Pastikan paving block terpasang dengan rata dan level dengan menggunakan waterpass.
  5. Pastikan jarak antar paving block sesuai dengan ketentuan, umumnya 2-3 mm untuk paving block dengan bentuk sisi rata atau 5-10 mm untuk paving block dengan bentuk sisi bergelombang.
  6. Setelah semua paving block terpasang, segera siram dengan air untuk membersihkan debu dan pasir yang menempel pada permukaan paving block.
  7. Campurkan semen dan air secukupnya untuk membuat adukan semen.
  8. Siram adukan semen di atas paving block dan segera sebarkan dengan menggunakan sapu. Pastikan adukan semen merata dan mengisi celah antar paving block.
  9. Tunggu hingga adukan semen kering dan mengeras, biasanya memakan waktu 2-3 hari.
  10. Setelah adukan semen mengering, bersihkan permukaan paving block dengan menyapu atau mencuci dengan air untuk membersihkan sisa-sisa adukan semen yang menempel.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memasang paving block dengan baik dan benar. Pastikan juga untuk menggunakan paving block yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. pasang Paving block