cara mengatasi wc mampet
Cara Mengatasi WC Mampet

Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Harus Bongkar — WC yang mendadak tersumbat bisa buat cemas. Tetapi, tenang. Ada langkah menangani WC tersumbat tak perlu membedahnya atau cepat-cepat panggil tukang sedot WC.

Cara Mengatasi WC Mampet yang tersumbat dapat dengan manfaatkan beberapa bahan yang berada di rumah. Langkah ini dapat diaplikasikan pada WC duduk atau jamban jongkok.

Cara Mengatasi WC Mampet

cara mengatasi wc mampet
Cara Mengatasi WC Mampet

mengatasi wc mampet dengan sunlight, soda api untuk wc, cara mengatasi wc jongkok mampet, cara menggunakan soda api untuk wc mampet, soda api untuk wc mampet, mengatasi wc mampet, cara mengatasi closet mampet, solusi wc mampet , cara mengatasi wc mampet dengan soda api, cara mengatasi wc mampet tanpa bongkar, wc jongkok mampet, wc mampet pakai apa, wc mampet solusi, wc mampet solusinya

WC tersumbat diikuti dengan kubangan air yang tidak ingin turun. Saat Anda menyirami WC, air cuma tergenangi bahkan juga meluber.

Keadaan ini karena oleh beberapa factor. Tersering yakni karena menyanggaknya benda asing yang menutup aliran WC, seperti tisu, pembalut, kapas, gumpalan rambut, puntung rokok, benang flossing, tusuk gigi, atau benda padat yang lain.

Beberapa barang itu tidak bisa terlarut di air, hingga makin lama bisa menutup drainase ke septic tank dan mengakibatkan tersumbat.

WC yang tersumbat ini pasti tidak cuma mengusik kenyamanan, tapi dapat keluarkan berbau tidak lezat.

Lalu apa yang perlu dilaksanakan bila WC tersumbat? Berikut langkah menanganinya, digabungkan dari beragam sumber.

Pakai plunger

Plunger atau pompa sedot WC manual memang ditujukan Cara Mengatasi WC Mampet, Triknya, pegang handle plunger dan statuskan sisi karetnya ada di lubang toilet.

Kerjakan pergerakan pencet dan ambil secara berulang-ulang dan kuat sampai WC tidak mampet kembali.

Sabun bersihkan piring dan air panas

Sabun bersihkan piring cair bertindak selaku surfaktan yang menolong hilangkan kotoran dan sumbatan apa pun itu. Sabun cair bisa memulasi aliran pipa toilet, dan air panas berperan untuk hilangkan sumbatan.

Namun, langkah ini cuma sukses pada WC yang masih belum melimpah atau luber, hingga masih ada ruangan untuk tuangkan air.

Mencuplik situs Your Repair, triknya cukup tuang pencuci cair ke lubang WC dan biarkan sekitaran 30 menit.

Kemudian, persiapkan air panas dalam ember, lalu tuangkan air dari ketinggian sepinggang. Langkah ini bisa menolong menggerakkan sumbatan yang merintangi pipa WC.

Pakai soda kue dan cuka

Contoh. Langkah menangani WC tersumbat dengan kombinasi baking soda dan cuka. Campuran soda kue dan cuka bisa digunakan untuk menangani WC mampet. Ke-2 bahan ini jika digabung hasilkan reaksi kimia yang bisa bersihkan kotoran dan molorutkannya.

Triknya, campur secangkir soda kue dan dua cangkir cuka ke lubang WC yang mampet. Biarkan sepanjang satu sampai dua jam, kemudian siram toilet sampai bersih.

Gunakan toilet bomb

Anda dapat membuat toilet bomb sendiri dari kombinasi soda kue dan sitrun (citric acid) yang dapat dibeli ke beberapa warung.

Selainnya membuat toilet bersih dan bebas berbau, toilet bomb ini bisa juga jadi langkah menangani WC tersumbat.

Langkah membuat toilet bomb yaitu dengan menambahkan sitrun dan soda kue dalam mangkok dan berikan sedikit air agar dipadatkan seperti bola. Diamkan dahulu sepanjang malam.

Esok harinya, Anda dapat masukkan toilet bomb ini di WC yang tersumbat, lalu nantikan beberapa saat sampai sumbatan lenyap.

Pakai botol plastik sisa

Botol plasik sisa yang tidak kepakai dapat dipakai untuk menangani tersumbat pada lubang WC.

Triknya, persiapkan botol plastik ukuran sedang, lalu potong 5-7 cm dari sisi bawah botol. Selanjutnya, masukan sisi botol yang dipotong ke lubang WC.

Yakinkan semua sisi botol tergenang di air WC. Kemudian, dorong atau pencet lubang toilet dengan botol. Maksudnya supaya membuat ruangan hampa supaya sumbatan dapat tergerak masuk ke pembuangan septic tank.

Gunakan hanger kawat

Jika trick awalnya belum berbuah hasil, Anda dapat berpindah memakai hanger atau gantungan pakaian dengan bahan kawat.

Dengan langkah ini, Anda dapat hilangkan kotoran yang menutup lewat cara manual. Triknya, lempengkan hanger kawat lalu tekuk sisi ujungnya sampai membuat huruf U.

Lalu masukan sisi ujung ini ke lubang WC sambil didorong atau diputar-putar untuk merusak sumbatannya dan air WC akan turun.

Buntel dengan plastic wrap

Contoh. Langkah menangani WC tersumbat. (Photo: iStockphoto/Rasulovs)Cara menangani WC tersumbat paling akhir yakni dengan memakai plastic wrap yang umum dipakai sebagai pembungkus makanan.

Tetapi sistem ini cuma dapat diaplikasikan pada WC duduk. Triknya, tutup sisi mangkok (bowl) WC dengan plastic wrap. Yakinkan plastik melekat pada bibir bowl dan dipasang dengan rapat.

Kemudian, pencet flush. Saat plastic wrap megar, Anda pencet kuat-kuat berkali-kali. Maksudnya supaya mengubah hisapan dan menggerakkan benda yang menutup WC ke septic tank.

thetaindomarga.my.id