fbpx
Lompat ke konten

Abu batu untuk plester

  • oleh

abu batu untuk plester. Abu Batu Sebagai Alternatif Pasir ? Abu batu atau pasir abu ialah agregat bikinan yang didapat hasil dari pemrosesan batu pecah dengan stone crusher atau perusak /pemecah batu. Material ini dapat secara mudah diketemukan di pabrik semen atau industri perpecahan batu. Material lembut ini, sama ukuran di bawah < 0,075 mm ialah bahan khusus dari pembikinan Batako Press, Paving Block, Beton Precast. Tetapi, pada umumnya, material ini sekarang jadi sampah atau material yang jarang-jarang digunakan ingat pekerjaannya telah diambil pindah oleh pasir. Maknanya, beberapa orang yang menukar abubatu dengan pasir untuk susunan beton yang semakin kuat.

Abu batu untuk plester

Abu batu untuk plester

kekurangan abu batu, pasir vs abu batu, harga pasir abu batu 1 truk, kelebihan dan kekurangan abu batu,
campuran abu batu untuk desain beton, abu batu untuk aspal, abu batu untuk pasang paving block, Abu batu untuk plesteran.

Selainnya sebagai bahan khusus pembikinan paving block dan batako press, material tersisa produksi batu split ini seringkali dipakai pada pengaspalan jalan. Tetapi, bersamaan mengembangnya jalan cor beton atau jalan yang menggunakan dak beton instant, sekarang abu batu untuk plesteran mulai ditinggal. Berikut mengapa pasir abu saat ini nyaris seperti sampah proses dari perpecahan batu yang perlu diatasi atau digunakan untuk kebutuhan lain. Maknanya, pasti ada argumen mengapa pasir abu tidak dapat dipakai untuk menukar pasir.

Sebetulnya, bisa saja bila abu batu dipakai untuk abu batu untuk plesteran. Tetapi, harus diakui jika kualitas beton dari kombinasi abu bata lebih rendah bila dibanding dengan memakai pasir khusus beton. Ini sebagai hasil riset dalam eksperimen kemampuan beton dengan kurangi jumlah pasir dan menambah pasir abu. Hasilnya, makin tinggi atau banyak kombinasi pasir abu, kualitas beton makin turun.

Abu batu untuk plester
Abu batu untuk plester

Berikut detil dari riset ini;

Prosentase pemakaian pasir abu : 0%, 20%, 40%, 60%, 80% dan 100%
Benda tes : silinder memiliki ukuran 15 x 30 cm
Kualitas beton yang dipakai : fc’20 Mpa
Hasilnya:

Tiap peningkatan tambahan abu batu untuk plesteran sekitar 20% pada berat pasir dalam kombinasi beton, kualitas beton alami pengurangan. Berikut detilnya;

0% abu batu, kualitas beton Fcr = 20,67 Mpa
20% abubatu, kualitas beton Fcr = 19,44 Mpa
40% abu batu, kualitas beton Fcr = 18,14 Mpa
60% abu batu, kualitas beton Fcr = 17,03 Mpa
80% abu batu, kualitas beton Fcr = 15,94 Mpa
100% abu batu, kualitas beton Fcr = 15,01 Mpa

Hasil dari riset ini, karena itu dapat diambil kesimpulan bila tambahan abu batu untuk plesteran 20% saja, rupanya kualitas beton yang dibuat ialah 19,44 Mpa dan hasil ini kurang dari standard yang diisyaratkan untuk kualitas beton yang kuat dan bertahan lama. Apa lagi bila murni cuma memakai pasir abu, tanpa pasir beton murni di mana hasilnya ialah 15,01 Mpa.

Oleh karenanya, lihat kembali saat ingin menukar material pasir dengan abu batu untuk plesteran sebagai kombinasi untuk membikin beton cor. Tidak boleh karena hanya tambah murah, selanjutnya factor kualitas beton cor serta factor kekuatan dan keselamatan diacuhkan. Bagaimana juga, beton cor harus dibuat bermaterial yang berkualitas untuk hasil yang terbaik.

Abu batu untuk plester
Abu batu untuk plester

Anjuran kami pakailah material abu batu ini sesuai perannya. Yakni sebagai bentangan susunan dasar pada penempatan paving block, kombinasi produksi batako press atau batako semen, kombinasi aspal, kombinasi pasir lembut bila ingin dipakai untuk pengecoran sebagai alternatif ke dua.

%d blogger menyukai ini:
WA.ME
Telpon
Maps
WA.ME
Telpon
Maps