cara membuat adonan paving block
cara membuat adonan paving block

cara membuat adonan paving block

Diposting pada

cara membuat adonan paving block – Pada artikel ini saya akan menerangkan langkah membuat adonan paving block dengan kualitas terbaik. Kemungkinan terlihat sepele, tetapi bila anda tidak memerhatikan formasi dan kualitas bahan yang di pakai untuk membikin adonan paving block karena itu paving block yang di buat memiliki kualitas yang buruk dan gampang rengat atau remuk. Saat sebelum berlanjut ke ulasan langkah membuat adonan paving block, saya akan menerangkan lebih dulu salah satunya tipe beton in?

komposisi bahan membuat paving

Anda kemungkinan cukup asing dengar istilah paving block. Paving block atau umum di sebutkan conblock sebagai salah satunya komponen bangunan sebagai alternative bahan penutup permukaan tanah. Paving block tercipta dari beberapa bahan bangunan kombinasi, seperti semen Portland, abu batu, agregat lembut, agregat kasar, dan air dengan karakter yang nyaris dekati mortar. Mortar ialah bahan kombinasi pasir, agregat, dan air yang saat kondisi keras, dia mempunyai karakter seperti bebatuan. Demikian paving block berasal.

Paving block sebetulnya bisa secara mudah di jumpai di manapun di sekitar kita, di taman, di sekolah, di pelataran rumah, atau jalanan komplek. Tetapi, peletakan paving block tidak dapat asal-asalan, ada tipe kualitas yang tentukan penempatannya. Bila tidak di tempatkan atau terpasang sesuai tipe kualitasnya, karena itu paving block akan gampang remuk.

Kualitas Bahan Baku Pembuatan Paving Block

Berikut ialah beberapa aspek penting yang penting jadi perhatian supaya paving block capai kualitas yang tepat.

Kualitas semen sebagai factor pemasti penting yang memengaruhi kualitas paving block. Semen harus baru dan tidak bergumpal

Harus di pahami, stabilitas dan kekuatan kerja adonan penting jadi perhatian. Kemampuan atau kualitas paving beton akan turun dan tidak sesuai dengan, bila perbedaan semen dan air pun tidak tepat. Makin banyak kekosongan pada paving, karena itu makin tidak kuat ia.

cara membuat adonan paving block
cara membuat adonan paving block

Material yang di pakai sebagai dasar pembikinan paving block harus terbaru dan terbaik kwalitasnya. pasir dan kerikil sebaiknya bebas dari dedaunan, rumput, dan beberapa benda asing yang lain. pasir harus memiliki tekstur cukup kasar sama ukuran partikel di mulai dari ukuran debu.

Kemampuan paving block akan turun, bila kerikil makin lembut. Ini di karenakan oleh kerikil lembut akan memerlukan semakin banyak semen, yang tentu saja akan memengaruhi semua adonannya.

Khusus untuk pembikinan paving block, perlengkapan mesin bikin produksi benar-benar tentukan kemampuan beton yang nanti di buat. Mesin produksi harus sesuai kualitas yang hendak di bikin.

cara membuat paving rumahan

Berikut ialah beberapa bahan yang di butuhkan pada proses langkah membuat adonan paving block salah satunya:

pasir kualitas tinggi yang sudah di ayak

  • Semen portland
  • Abu batu (fly ash)
  • Kerikil
  • Air

Bikinlah adonan pertama sebagai bahan baku pembikinan paving block. Triknya yakni campur seluruh bahan, pasir, abu, krikil, dan semen, memakai alat pengaduk. Lebih bagus bila fly ash dan semen di gabung lebih dulu sampai rata, baru di gabung berbahan yang lain di mesin pengaduk atau kotak adonan.

Baca :

Jual Conblock Di Cakung Barat
Jual Conblock Di Cakung Barat Paving block Pemanfaatan paving block dalam sektor …
Harga Conblock Di Karyamakmur-Kerawang
Harga Conblock Di Karyamakmur-Kerawang – Istilah paving block atau yang umum disebutkan …
Harga Conblock Di Jatirangga-Bekasi
Harga Conblock Di Jatirangga-Bekasi – Istilah paving block atau yang umum dimaksud …
Jual Conblock Di Kelapa Dua
Jual Conblock Di Kelapa Dua Paving block Pemanfaatan paving block dalam area …

Perbandingan komposisi paving block k300

Perbedaan kombinasi semen dan pasir yang di pakai ialah 1:3, 1:4, 1:5, atau 1:6. Harus di pahami, formasi beberapa bahan penyusun yang di pakai akan punya pengaruh besar pada kualitas dan daya kuat pada penekanan paving block yang di buat.

Tambah air seperlunya ke adonan paving block selanjutnya aduk kembali sampai semua tercampur rata. Yakinkan hasil adonannya tidak begitu basah.

Untuk mengecek tingkat kelaikan adonan itu anda coba menggengam adonan mengguankan tangan. Lantas kepal adonan dan wujud seperti bola kecil, jika permukaan bola masih rengat pertanda adonan kurang air. Bila permukaan bola tidak rengat dan sedikit basah karena itu adonan paving block siap untuk diciptakan.

Bikinlah kembali adonan ke-2 di tempat yang terpisah dengan menambahkan pasir dan semen seperlunya. Recikkan sedikit air supaya semen bisa mengikat pasir. Aduk kombinasi ini sampai betul-betul rata dan keadaannya cukup basah. Adonan ke-2 ini berperan untuk membuntel adonan pertama hingga tidak lekat pada cetakan.

Gampang bukan langkah membuat adonan paving block? Untuk proses langkah membuat paving block ini anda bisa memakai cetakan paving block manual atau memakai mesin press batako dan paving block. Demikian artikel yang bisa saya berikan, mudah-mudahan berguna. cara membuat adonan paving block

Sumber :vagusnet.com

Thetaindomarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *