Lompat ke konten

Cara Pasang Paving Tahun 2023

  • oleh

cara pasang pavingPaving adalah salah satu dari jenis lantai interlocking yang terbuat dari beton, batu alam, atau bahan-bahan lainnya. Berikut adalah langkah-langkah cara pasang paving:

  • Persiapan: Pastikan area yang akan dipasangi paving sudah bersih dan datar. Jika perlu, buatlah dasar dengan menggunakan material kerikil atau pasir untuk memastikan permukaan datar dan stabil.
  • Rencanakan desain: Rencanakan desain paving yang akan dipasang. Anda dapat membuat sketsa atau diagram untuk membantu Anda merencanakan pola dan arah paving.
  • Letakkan paving: Letakkan paving secara berurutan sesuai dengan desain yang telah Anda rencanakan. Pastikan untuk meninggalkan celah sekitar 1-2 cm antara setiap paving untuk memungkinkan pemasangan pasir.
  • Pasang pasir: Setelah semua paving diletakkan, pasang pasir pada celah antara paving. Pasir ini berfungsi sebagai pengunci dan akan menjaga paving agar tetap stabil dan tidak bergeser.
  • Padatkan paving: Setelah pasir terpasang, padatkan paving dengan menggunakan alat pemadat seperti mesin pemadat atau pelat pemadat. Pastikan paving sudah padatdan rata dengan permukaan sekitarnya.
  • Tambahkan pasir: Setelah pemadatan, tambahkan pasir ke atas paving dan ratakan dengan sapu. Pasir ini akan meresap ke celah antara paving dan membantu menjaga paving tetap stabil dan terkunci dengan baik.
  • Siram air: Siram air ke atas permukaan paving untuk membantu meresapkan pasir ke celah antara paving.
  • Bersihkan area: Setelah selesai memasang paving, bersihkan area sekitar paving untuk menghilangkan sisa pasir atau kotoran yang mungkin tersisa.


Perawatan: Paving memerlukan perawatan yang tepat untuk menjaga kualitas dan daya tahan. Pastikan untuk membersihkan paving secara teratur dan mengganti pasir antara paving yang rusak atau hilang.
Demikianlah cara pasang paving yang dapat Anda lakukan. Penting untuk memperhatikan setiap tahap dengan cermat dan teliti agar paving dapat dipasang dengan baik dan benar. Jika Anda tidak memiliki pengalaman yang cukup dalam memasang paving, sebaiknya meminta bantuan dari ahli atau profesional dalam bidang konstruksi untuk membantu Anda

Apa yang harus dilakukan jika paving bergeser setelah dipasang? Cara Pasang Paving

Jika paving bergeser setelah dipasang, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Identifikasi penyebab geser: Identifikasi penyebab geser paving, apakah disebabkan oleh pemadatan yang tidak memadai, pergerakan tanah, atau faktor lainnya. Dengan mengetahui penyebab geser, Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaikinya.
  • Perbaiki dasar: Jika geser disebabkan oleh dasar yang tidak stabil, perbaiki dasar dengan menambahkan lapisan kerikil atau pasir yang lebih tebal untuk meningkatkan stabilitas. Pastikan dasar sudah padat dan datar sebelum memasang paving.
  • Pasang ulang paving: Jika hanya beberapa bagian paving yang bergeser, lepaskan paving yang bergeser dan pasang kembali dengan benar. Pastikan untuk menambahkan pasir di celah antara paving dan padatkan dengan baik.
  • Perbaiki pasir: Jika geser disebabkan oleh pasir yang tidak cukup, tambahkan pasir di celah antara paving yang bergeser. Pastikan pasir sudah terkunci dengan baik di celah antara paving.
  • 5.Gunakan alat pemadat: Jika geser disebabkan oleh pemadatan yang tidak memadai, gunakan alat pemadat seperti mesin pemadat atau pelat pemadat untuk memadatkan kembali paving. Pastikan untuk melakukan pemadatan secara merata dan menyeluruh.
  • Perbaiki drainase: Jika geser disebabkan oleh masalah drainase atau aliran air yang tidak baik, perbaiki drainase dengan membuat saluran air yang baik untuk mengalirkan air dari area paving.
  • Perawatan: Pastikan untuk melakukan perawatan yang tepat dan teratur pada paving, seperti membersihkan area paving, mengganti pasir yang rusak atau hilang, dan memeriksa kondisi paving secara teratur. Hal ini akan membantu menjaga kualitas dan daya tahan paving.


Jika masalah geser pada paving block masih terjadi atau Anda tidak memiliki pengalaman yang cukup dalam memperbaikinya, sebaiknya meminta bantuan dari ahli atau profesional dalam bidang konstruksi untuk membantu Anda.

Butuh bantuan?
Disabling post stroke fatigue as measured by multidimensional fatigue inventory score \>60.